Prodi PAI IAIN Kudus Perkuat Kolaborasi dengan Prodi PAI Universitas Islam Indonesia Yogyakarta dalam Pengelolaan Jurnal Ilmiah dan Sharing Session Akreditasi Prodi
Yogyakarta, 18 Juli 2024 – Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan memperkuat jaringan kerja sama akademik, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) IAIN Kudus memperkuat kolaborasi dengan Program Studi PAI Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta. Kolaborasi ini ditandai dengan kegiatan bersama yang berlangsung di Ruang Meeting Program Studi PAI UII Yogyakarta, berfokus pada pengelolaan jurnal ilmiah serta sesi berbagi pengalaman tentang akreditasi program studi.
Kegiatan ini dihadiri oleh para dosen, pengelola jurnal, serta tim taskforce Akreditasi prodi PAI UII. Fokus utama dari pertemuan ini adalah peningkatan mutu jurnal ilmiah yang dikelola oleh kedua program studi. Melalui kerja sama ini, diharapkan jurnal ilmiah dari kedua institusi dapat memenuhi standar internasional dan terindeks di database ilmiah terkemuka.
Kaprodi PAI IAIN Kudus, Puspo Nugroho dalam sesi sharing yang diselenggarakan, memberikan paparan tentang pengalaman Prodi PAI IAIN Kudus dalam proses akreditasi. Beliau menyampaikan beberapa strategi sukses yang telah diterapkan di IAIN Kudus untuk meraih akreditasi unggul, termasuk pengelolaan kurikulum OBE, peningkatan kualitas pengajaran, serta strategi pengelolaan administrasi akademik. “Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kedua prodi, tidak hanya untuk berbagi ilmu tetapi juga mempererat hubungan kerja sama akademik antar lembaga. Dengan kolaborasi ini, kami berharap dapat saling mendukung dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan Islam di Indonesia, khususnya dalam pengelolaan jurnal ilmiah dan pencapaian akreditasi terbaik,” ujar Puspo.
Kegiatan kolaborasi ini merupakan langkah strategis yang diambil oleh kedua program studi dalam memperkuat daya saing mereka di tingkat nasional, sekaligus meningkatkan kontribusi mereka dalam pengembangan keilmuan di bidang Pendidikan Agama Islam. Kolaborasi ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam memperbaiki kualitas dan relevansi jurnal ilmiah yang dikelola, serta membantu prodi-prodi terkait dalam pencapaian akreditasi yang lebih baik.